Rabu, 05 September 2018

Ansor Mokaha Jatinegara Rawat Makam Wali Syeh Abdul Fatah

Tegal, NU Online
Keberadaan makam tua yang berada di Dukuh Tlaga Jaya Desa Mokaha Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal yang diketahui sebagai makam waliyullah mendapat perhatian dari Pemuda Ansor Banser setempat.

Ketua Pimpinan Ranting Ansor Desa Mokaha Kecamatan Jatinegara Tegal Idris Afandi menyebutkan, di pojok pedukuhan Tlaga Jaya Desa Mokaha Jatinegara diketahui terdapat makam seorang Waliyullah yakni Syeh Abdul Fatah.

Menurutnya, dari informasi yang didapatnya dari berbagai sumber, Syeh Abdul Fatah merupakan keturunan Ki Ageng Sultan Mataram atau Sutawijaya atau Syeh Abdul Rahman dan biasa disebut Mbah Sulaeman.

"Dia adalah penyebar agama Islam di pulau Jawa salah satunya di Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal," ujarnya kepada NU Online, Selasa (4/9).

Dia melanjutkan, Syeh Abdul Fatah juga mempunyai keturunan Mbah Purbaya Kalisoka dan Ki Gede Sebayu Danawarih, Kyai Nur Sidik Sangkanjaya. 

"Jadi bisa dibilang makam tertua dan makam sesepuh Kabupaten Tegal. Kami Ansor Banser NU berupaya merawat dan menjaganya agar tidak punah dari tradisi ahlussunah Waljamaah," bebernya.

Salah satunya, lanjut Idris, Yakni Ansor Banser Mokaha melakukan pemasangan papan nama di depan makam sebagai bukti dan penanda bahwa ada orang alim ulama Syeh Abdul Fatah adalah wali kutub.

"Sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan makam Syeh Abdul Fatah sebagai wisata religi," imbuhnya. (Has@n)
 
Baca juga di : NU Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar